Friday 22 October 2010

before it's too late

hello friends,

hari ini tepat satu bulan sejak terakhir kali saya memposting tulisan dalam blog ini. hari ini saya akan berkeluh kesah kembali. senin kemarin, netbook yang biasa saya pakai tiba-tiba mengalami gangguan dan perlu mendapatkan "perawatan" di service center. sudah 5 hari sejak saya berpisah dengan dirinya. bisa dipastikan, sekeluarnya dari rumah sakit (baca:service center) sang netbook akan kembali baru dan semua data di dalamnya hilang. sedih? ya lumayan.

pernah juga suatu waktu, laptop kesayangan (yang ini bener-bener kesayangan) mengalami hal serupa, harus diformat ulang karena serangan virus. oh no! semua data hilang. semua tugas kuliah, foto-foto, mp3 dan file lain yang tersimpan di dalamnya lenyap. hal paling mengenaskan adalah
saved games saya juga ikut lenyap. sedikit info (mungkin nggak penting), i am a huge fan of The Sims, pagi siang sore malam kalo ada waktu pasti sibuk pacaran dengan The Sims 3 hingga pacar beneran seringkali protes terhadap hal ini.

kehilangan data di dalam komputer memang mengenaskan, rasanya seperti kehilangan emas, uang, buku tabungan, surat tanah dari dalam brangkas. oke, mungkin terdengar berlebihan. tapi jika data yang disimpan itu sangat sangat sangat penting (bukan hanya foto.mp3 dan games saja) bisa juga rasanya seperti itu.

sedikit cerita dari pengalaman seorang teman, saat itu ia sedang dalam masa penyusunan skripsi. sudah dalam penggarapan Bab 4, it means perjalanannya tinggal sebentar lagi. saat Bab 4 rampung, ia hanya tinggal membuat kesimpulan di Bab 5, lengkapi kekurangan di sana-sini, perbaiki redaksional penulisan dan VOILA skripsi siap disajikan ke dosen pembimbing untuk diperiksa lalu disidangkan. sa-yang-nya, saat ia tengah berkutat dengan Bab 4 tersebut, hal na'as menimpa dirinya, sang laptop (tumpuan hidupnya di kampus) raib dirampok maling. usaha yang ia lakukan saat itu tak berhasil membuat laptopnya kembali. hilanglah laptop beserta empat Bab skripsi yang ada di dalamnya. hal tersebut benar-benar membuatnya 'terjatuh'. bagaimana tidak? kini ia harus mengulang skripsinya dari awal, dari kata pengantar lalu Bab 1 lalu Bab 2 lalu Bab 3 lalu Bab 4, Bab 5 dan daftar pustaka dan yang lainnya. hilang semua data beserta bahan skripsi yang ia punya.

untung saja pengalaman tersebut tidak menimpa diri saya setahun lalu saat sedang dalam masa penyusunan skripsi juga. untung saja, setiap Bab dalam skripsi yang saya tuliskan, tidak hanya saya simpan di dalam laptop, tetapi juga di dalam komputer lain, dalam email dan dalam flashdisk. untung saja saya melakukannya seperti itu. berjaga-jaga lebih baik, before it's too late.


Monday 20 September 2010

Bukan Tulisan SARA

perhatian : tulisan ini sama sekali nggak bermaksud SARA, hanya sekedar berbagi dan mohon nggak meninggalkan prasangka buruk.


sebuah perbincangan yang tidak saya duga bisa terjadi dengan seorang sarjana seperti dirinya. sebut saja dia 'B' dan saya si 'A'. kira-kira seperti inilah kutipan perbincangan kami sore itu :

A : (sambil nonton berita di televisi) "kasian ya (jemaat HKBP Bekasi) mau ibadah aja dipersulit, malah dijaga puluhan polisi begitu"

B : "mungkin itu salah mereka, ibadah di perumahan padat jadinya mengganggu tetangga kanan kiri"

A : "hah? mengganggu gimana? berisik denger mereka nyanyi-nyanyi? ramadhan kemaren, imam baca doa pake speaker pas sholat teraweh, apa tetangga kita yang non-muslim ngga merasa terganggu?"

B : "itu beda, disini mayoritas islam jadi harus menerima"

oh, well, lebih baik perbincangan ini saya sudahi daripada naik darah. jujur saya sangaaaat kecewa dengan apa yang baru saja saya dengar. buat saya, ngga ada minoritas dan nggak ada mayoritas. sebelum jauh berbicara tentang Pancasila, UUD 1945 dan perangkat hukum lain yang melindungi kita untuk memilih dan menjalankan apa yang kita yakini, mestinya kita sadar tentang pentingnya toleransi. di dunia ini kita hidup nggak sendirian dan nggak homogen, hargailah orang-orang di sekitar kita walaupun mereka berbeda.

Thursday 9 September 2010

rindu ramadhan

i'm gonna miss ramadhan so much. berat rasanya meninggalkan ramadhan. ada sesuatu yang sulit dijelaskan mengenai suasana bulan nan suci ini. bangun sahur saat mata masih berat untuk dibuka, menunggu adzan subuh sambil terkantuk-kantuk, orang-orang di sekitar jadi lebih sabar karna tiap akan marah slalu ingat "lagi puasa",ramainya jalanan dengan penjual ta'jil dadakan, indahnya buka puasa bersama baik itu di rumah dengan keluarga, di rumah makan dengan kawan dan kerabat ataupun di jalan bersama para penumpang angkutan umum, juga suasana sholat tarawih yang berisik dengan teriakan anak kecil sambil sesekali diperingati bahkan dimarahi oleh pengurus masjid. beberapa anak sekolah mungkin masih sibuk dengan agenda ramadhan yang membuat mereka harus memperhatikan ceramah bapak ustad dan mengantri setelah tarawih untuk berburu tanda tangan si bapak itu.

satu hal penting yang saya rindu dari ramadhan adalah KEBERSAMAAN yang terasa jadi lebih indah *maaf agak lebay tapi itu beneran*

semoga kita bisa bertemu lagi tahun depan, ramadhan !!

eid mubarak

alhamdulillah, esok hari raya. semoga ibadah kita di tiga puluh hari bulan ramadhan ini diterima oleh Allah SWT. semoga juga kita masih diberi kesempatan untuk bertemu lagi dengan ramadhan tahun berikutnya.

esok kita kembali ke fitrah manusia. selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan bathin


post signature


Sunday 25 July 2010

inception


nggak ada yang bisa ditulis selain "wow" setelah nonton film ini.


post signature

Wednesday 30 June 2010

creamy cream buat si muka kering

perhatian : posting ini bukan IKLAN, hanya sekedar bagi PENGALAMAN

hari ini saya mau bagi-bagi cerita buat teman-temin yang punya masalah terhadap kulit wajah kering. yap, KERING !! kering yang sampai bikin kulit muka mengelupas. itu lah yang selama beberapa hari kemarin saya alami, apalagi hari senin sampai jumat dari jam 8 pagi sampai 5 sore mesti terkurung dalam gedung ber-AC yang bikin keadaan makin parrrrrrahhhhh... !!

biasanya saya pakai Nivea Moisturizer buat sehari-hari, kira-kira seperti ini nih penampakannya. tapi entah kenapa, krim putih mirip wheap cream yang udah bertahun-tahun nempel di muka ini udah nggak mampu lagi menjaga kelembaban kulit muka saya yang eksotis ini hingga harus mengalami keretakan di kanan kiri.

sempat terlintas dalam pikiran, "apa nggak sebaiknya pergi ke dokter muka kulit aja ya?". tapi ketakutan-ketakutan itu masih ada. takut dikasih obat macem-macem, takut mukanya jadi merah-merah kayak udang rebus, takut mukanya jadi licin dan berminyak, takut dikasih obat yang adiktif supaya balik lagi dan lagi ke klinik estetika, maklum aja kan ada pikiran begitu. hehe

akhirnyaaaaa, dengan wajah penuh harap saya melenggang ke The Body Shop dan menjatuhkan pilihan pada Vitamin E Intense Moisture Cream for VERY DRY SKIN !! sampai rumah langsung coba, agak panas dan perih sih awalnya begitu krim ini baru dioleskan ke wajah, tapi nggak lama setelah itu langsung adem dan perihnya hilang. eh, selama seharian retak-retak di muka nggak timbul lagi kecuali setelah cuci muka *sekali lagi,bukan iklan. enaknya, krim ini boleh dipake sering-sering dan hari ini (setelah 6 hari pemakaian) kulit wajah udah ngga pernah retak lagi. yeaahhhh!! it works for me!

so, buat teman-temin yang punya masalah sama persis dengan cerita saya di atas, nggak ada salahnya nyobain apa yang udah saya coba. have a try ! ciao

post signature

Tuesday 29 June 2010

(Woody, Buzz and friends)'s Story 3

Setelah Toy Story (1995) dan Toy Story 2 (1999), kini Toy Story 3 hadir dengan petualangan yang lebih menegangkan.

Sedikit mengingatkan buat kamu yang lupa dengan dua cerita di film sebelumnya, Toy Story hadir dengan kisah tentang datangnya Buzz Lightyear sebagai mainan baru yang mengancam keberadaan Woody sebagai mainan favorit Andy. Sedangkan dalam Toy Story 2, Woody dan Buzz mulai bersahabat. Di film ini pula lah hadir Jesse, si boneka cowgirl.

Nah, di Toy Story 3 ini, Andy mulai tumbuh dewasa dan beranjak kuliah. Ia harus meninggalkan mainan-mainannya. Ibu Andy membawa mainan-mainan tersebut (yang semestinya akan diletakkan Andy ke dalam loteng) ke Sunnyside Daycare. Di sinilah petualangan Woody, Buzz, Jesse, Mr.Potato, Trex dan kawan-kawan dimulai. Mereka harus menghadapi kenakalan anak-anak di ruang Caterpillar dan kekejaman bos Lotso, boneka beruang yang merupakan pimpinan seluruh mainan yang ada di Sunnyside Daycare.

Bagaimana konflik yang terjadi anatara Woody dengan geng-nya? Seperti apa ketegangan yang terjadi saat Woody, Buzz dan kawan-kawan berusaha melawan bos Lotso untuk kabur dari Sunnyside Daycare dan kembali pada Andy? Juga keharuan yang terjadi saat Andy menyerahkan mainan-mainannya itu kepada Bonnie, anak perempuan lucu yang kemudian menjadi pemilik baru Woody, Buzz, Jesse, Trex dan kawan-kawannya.

At the end of the movie, saya nangis bombay. Untung gelap dan pake kacamata 3D sehingga pria di sebelah ngga lihat gimana banjirnya air mata ini.

This is a MUST see movie !!

post signature


Wednesday 23 June 2010

Karate Kid

Masih ingat dengan film Karate Kid yang pernah populer di tahun 1984 ? *Sok tua, padahal lahir tahun 1987

Nah, film tersebut kini hadir lagi dengan kemasan yang lebih baru. Dibintangi oleh Jaden Smith (dari nama belakangnya kelihatan kan kalau dia anaknya siapa? yap, Will Smith! ) dan Jackie Chan.

Jaden, yang dalam film ini berperan sebagai Dre Parker, harus pindah ke Beijing karena ibunya (Taraji P. Henson) mendapatkan pekerjaan baru disana. Sesampainya di Beijing, Dre berkenalan dengan seorang gadis bernama Mei Ying. Tetapi perkenalan tersebut justru membawa Dre ke dalam sebuah masalah. Sahabat Mei Ying, Cheng, yang juga merupakan ketua geng terkenal di sekolah baru Dre, marah besar atas kedekatan Dre dan Mei Ying. Ulah Cheng dan teman-temannya terus menghantui hari-hari Dre di sekolah.

Sampai suatu hari, Dre menemukan jawaban untuk lepas dari ketakutannya terhadap Cheng. KUNG-FU! Namun niat dan semangat Dre untuk belajar kungfu hilang seketika saat ia melihat Cheng menjadi murid di perguruan yang hendak ia masuki. Di tengah kekecewaan dan pupusnya harapan, Mr. Han (Jackie Chan) datang menawarkan Dre bantuan. Selama beberapa pekan, Mr. Han melatih Dre belajar kung-fu dengan cara-cara yang unik dan seru hingga akhirnya Dre terlibat dalam sebuah turnamen kung-fu. Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Apakah Dre menang dalam turnamen tersebut? Atau justru gagal dan pulang dengan patah tulang?


post signature

Friday 8 January 2010

cerita tentang sampah aqua gelas

ternyata udah lama juga saya nggak nyentuh blog ini. baiklah, kali ini saya mau sedikit bercerita supaya blog ini bertambah tulisannya.

im not a morning person, sementara stiap hari saya masuk kerja jam 8 pagi. untuk menyiasati supaya ngga terlambat di pagi hari, biasanya saya mandi di malam sebelumnya sehingga pagi harinya ngga usah mandi lagi. walaupun udah berupaya menghemat waktu seperti itu, tetep aja masih kesiangan. sarapan pagi pun akhirnya harus dilakukan di dalam mobil slama perjalanan.

nah, tadi pagi saat slesai makan, saya berniat untuk buang sampah aqua gelas. saya buka jendela lebar-lebar dan ancang-ancang mau buang aqua gelas itu ke gerobak sampah. setelah mendekat, ternyata gerobak itu cuma berisi sampah-sampah plastik yg sepertinya akan dijual kembali. di sebelah gerobak, seorang ibu sedang santai makan gorengan. melihat tangan saya menjulur ke arah gerobak sambil pegang aqua gelas, sepertinya si ibu ini tau kalau saya mau buang aqua gelas ini ke dalam gerobaknya. saya jadi ngga enak hati, si ibu malah menghampiri saya, mengambil aqua gelas dari tangan saya dengan senyum dan ucapan trimakasih.

sumpah ya saya langsung salah tingkah dan malu sama diri sendiri. gimana ngga? sampah plastik aqua gelas yg buat saya ngga ada harganya bisa jadi sesuatu yg bikin si ibu itu ngasih senyum dan ucapan trimakasih. padahal yg saya kasih itu sampah plastik loh, bukan uang.

bener-bener deh ini teguran di pagi hari bahwa kita harus bersyukur dengan rezeki sekecil apapun yg Allah kasih buat kita, seperti ibu yang saya temui pagi tadi di sebelah gerobak sampahnya.


post signature

Grab this Widget ~ Blogger Accessories